#

INFO BENCANA TERKINI

Info Gunungapi Bromo Meletus, Kab. Probolinggo-Prop. Jatim , 26-Desember-10 17:30:00 WIB, Warga lereng Bromo dari 12 Desa sekitar yang bermukim di sekitar Gunung Bromo terpapar debu vulkanik pekat, 106 rumah roboh, 2 sekolah roboh, Pertanian rusak, suplai air bersih terhambatAnda Peduli Bencana, Salurkan Bantuan dan Dana kirim ke Rek.BCA - 0813004392 Mari Peduli dan Dukung Kami - Terima kasih

Gunungapi Merapi Meletus


View Letusan Merapi in a larger map

Tahap Penanggulangan Bencana

;

25 Juli 2010

Banjir Tanah Bumbu, Kalimantan

Banjir besar melanda kawasan pemukinan di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Selain merendam ribuan rumah penduduk, ruas jalan provinsi lintas Banjarmasin – Kabupaten Tanah Laut – Kabupaten Tanah Bumbu terendam air hingga 2 meter dan menyebabkan arus lalu lintas terputus.

Hujan lebat yang turun dalam beberapa hari terakhir di kawasan itu menyebabkan meluapnya Sungai Satui, Sungai Danau dan Kintap, di mana terdapat tambang batubara besar, salah satunya milik PT Arutmin Indonesia.

Banjir yang berlangsung sejak Sabtu dini hari ini juga menyebabkan empat orang hilang dan dua orang di antaranya ditemukan sudah menjadi mayat, Sabtu siang.

Data korban banjir yang diperoleh Tempo dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu rumah 3.198 kepala keluarga terendam banjir, dan sebagian dari mereka diungsikan ke bangunan pasar, sekolah, gedung serbaguna.

”Total warga mengungsi belum terdata, namun bahan makanan telah siap di lokasi,” ujar Kepala Hubungan Masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu Ardiansyah, Sabtu.

Korban tewas sementara dua orang, satu berusia 30 tahun dan satu lagi pria 70 tahun. Pihak SAR Gabungan terus melakukan pencarian korban lainnya. Empat orang dilaporkan hilang terseret arus, ujar Ardiansyah.

Banjir Meluas

Banjir yang melanda Kabupaten Tanah Bumbu dan Tanah Laut di Kalimantan Selatan terus meluas menyusul masih tingginya curah hujan turun di wilayah tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemkab Tanah Bumbu, Ardiansyah, Minggu (25/7), mengatakan banjir telah merendami sebagian besar daerah dataran rendah sepanjang tepi sungai Satui dan Kusan Hulu. "Saat ini banjir terus meluas dan merendami tiga kecamatan di Tanah Bumbu,"
ungkapnya.

Jika sehari sebelumnya, Sabtu (24/7), banjir hanya melanda enam desa di Kecamatan Sungai Danau, kini banjir meluas dan telah merendami sepuluh desa di tiga kecamatan ditambah Kecamatan Karang Bintang dan Kusan Hulu. Saat ini diperkirakan 4.000 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata satu meter sampai satu setengah meter.

Kecamatan Sungai Danau, merupakan daerah terparah dilanda banjir meliputi Desa Sungai Danau sebanyak 13 rukun tetangga terdiri 281 keluarga, Desa Bukit Baru enam RT (81 KK), Desa Jombang tiga RT (66 KK), Desa Satui Timur empat RT (219 KK), Desa Sekapuk enam RT (95 KK). Sedangan desa terparah dilanda banjir yaitu Desa Sinar Bulan dan Makmur Mulia sebanyak 10 Rt dengan jumlah korban banjir mencapai 1.332 KK.

Total warga korban banjir di wilayah ini mencapai 3.198 KK atau lebih dari 10.000 Jiwa. "Hingga kini warga masih menempati tenda-tenda dan bangunan tempat pengungsian yang disediakan pemerintah. Adapula warga yang menumpang di rumah sanak keluarga mereka," tambahnya.

Sementara, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel, Akhmad Ariffin, mengatakan banjir di Tanah Bumbu, juga menyebabkan dua warga bernama Galuh,35 dan M Jufri,65 tewas akibat terseret arus. "Tim SAR juga masih melakukan pencarian terhadap tiga warga lainnya yang hilang terseret arus sungai satui," tuturnya.

Banjir di wilayahnya inipun sempat memutuskan arus lalu lintas di jalan trans kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kota Banjarmasin ke Kabupaten Kotabaru. Selain wilayah Tanah Bumbu, banjir besar juga melanda wilayah sekitar tambang di Kabupaten Tanah Laut yaitu Kecamatan Kintap. Tercatat sebanyak 388 keluarga di Desa Kintapura, Desa Kintap Lama dan Desa Pasir Putih permukimannya terendam banjir.

Sumber : Tempo.com, Media Indonesia

Tidak ada komentar:

 
© Copyright by Siaga Bencana  |  Template by Blogspot tutorial