#

INFO BENCANA TERKINI

Info Gunungapi Bromo Meletus, Kab. Probolinggo-Prop. Jatim , 26-Desember-10 17:30:00 WIB, Warga lereng Bromo dari 12 Desa sekitar yang bermukim di sekitar Gunung Bromo terpapar debu vulkanik pekat, 106 rumah roboh, 2 sekolah roboh, Pertanian rusak, suplai air bersih terhambatAnda Peduli Bencana, Salurkan Bantuan dan Dana kirim ke Rek.BCA - 0813004392 Mari Peduli dan Dukung Kami - Terima kasih

Gunungapi Merapi Meletus


View Letusan Merapi in a larger map

Tahap Penanggulangan Bencana

;

06 Oktober 2010

Dahsyat Banjir Bandang Wasior, Papua

Banjir bandang meluluhlantakan Kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Ratusan rumah warga dan fasilitas umum kota rusak parah akibat terjangan air bah kemarin pagi.

Banjir bandang setinggi tiga meter menerjang Kota Wasior sekira pukul 07.00 WIT langsung meratakan pemukiman warga. Hingga saat ini dilaporkan ada 64 warga tewas akibat musibah ini.

Bahkan, derasnya aliran air membuat beberapa motor yang terparkir tersangkut di atas genting rumah warga. Tak hanya itu, pesawat Susi Air yang biasa melayani rute lokal ikut rusak saat berada di landasan pacu Bandara Manokwari.
Saat ini ribuan warga Wasior tengah dievakuasi ke tempat yang terbebas dari genangan air. Namun, bantuan untuk kebutuhan pokok masih minim.


Bantuan dan Kebutuhan

Akses transportasi darat terputus akibat banjir bandang yang melanda Distrik Wasior dan Distrik Wondiwoi di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Bantuan hanya bisa mengalir lewat jalur udara dan laut.

Berdasarkan laporan dari Posko Markas PMI Provinsi Papua, bencana banjir bandang ini telah merenggut nyawa puluhan warga dan menyebabkan 300 orang lainnya mengalami luka berat. Tim dari PMI Provinsi Papua bersama Tim SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua, masih terus melakukan proses evakuasi.

Bencana yang melanda, tak cuma banjir bandang tapi juga longsor di beberapa wilayah di Wasior. Hingga malam ini (Selasa), dikhawatirkan masih banyak korban yang tertimbun tanah longsor dan bebatuan.
PMI Provinsi Papua telah mengirimkan lima orang tim dokter dari Manokwari menuju Distrik Wasior melalui helikopter dan telah bergabung bersama tim medis dari Dinas Kesehatan pemerintah setempat untuk memberikan layanan medis kepada para korban luka di Wasior.


Warga mengungsi di lima lokasi, di antaranya di depan Bandara Wasior, di kantor bupati lama, dan tiga lokasi lainnya di Desa Manggurai. Situasi terkini dikabarkan, Wasior masih gelap gulita tanpa listrik dan kehilangan akses transportasi darat, dan kekurangan bahan bakar. Di sana juga minim akses layanan fasilitas umum karena kantor, sekolah, serta layanan kesehatan setempat rusak parah karena banjir bandang.


Hasil sementara pendataan awal dari tim assessment para relawan dari PMI Provinsi Papua, seperti dimuat di situs PMI, Rabu (6/10/2010), dilaporkan bahwa dalam operasi tanggap darurat banjir bandang, dibutuhkan ratusan kantong mayat dan bantuan untuk korban di pengungsian, berupa susu, pakaian balita, pakaian layak pakai, bahan makanan dan minuman siap santap, stok obat-obatan, bahan bakar untuk penerangan serta tenda-tenda untuk menampung para pengungsi.


Berdasarkan laporan dari BPBD dan pemerintah setempat hingga Selasa sore, banjir bandang di Papua Barat telah menewaskan 64 warga dan 103 orang lainnya hingga kini masih dinyatakan hilang.


Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp800 juta untuk masa tanggap darutat. “Yang sudah dikirim Rp300 juta dan hari ini akan ditambah lagi oleh kepala BNPB, mungkin sekira Rp500 juta. Juga bantuan dari Pemprov sendiri dan bantuan barang-barang yang bisa dipakai. Sumber :Okezone.com

Tidak ada komentar:

 
© Copyright by Siaga Bencana  |  Template by Blogspot tutorial