#

INFO BENCANA TERKINI

Info Gunungapi Bromo Meletus, Kab. Probolinggo-Prop. Jatim , 26-Desember-10 17:30:00 WIB, Warga lereng Bromo dari 12 Desa sekitar yang bermukim di sekitar Gunung Bromo terpapar debu vulkanik pekat, 106 rumah roboh, 2 sekolah roboh, Pertanian rusak, suplai air bersih terhambatAnda Peduli Bencana, Salurkan Bantuan dan Dana kirim ke Rek.BCA - 0813004392 Mari Peduli dan Dukung Kami - Terima kasih

Gunungapi Merapi Meletus


View Letusan Merapi in a larger map

Tahap Penanggulangan Bencana

;

31 Agustus 2009

Hujan Buatan Padamkan Kebakaran Hutan

Hingga hari Selasa, 25 Agustus 2009, Tim Modifikasi Hujan Buatan BPPT yang melakukan operasi selama 13 hari telah berhasil menurunkan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun demikian, meskipun jumlah titik panas berkurang, kabut asap masih menyelimuti kota Palangkaraya karena sisa-sisa kebakaran lahan gambut masih terjadi di beberapa titik sehingga masih menimbulkan kabut asap.


Selain menggunakan cara pemadaman dengan hujan buatan, Kodam V Tanjungpura juga menyiagakan pasukannya guna membantu upaya Pemerintah Daerah memadamkan kebakaran lahan gambut dan pekarangan yang terjadi di Propinsi Kalimantan Tengah. Enam Kodim yang berada di Kabupaten Waringin Timur, Waringin Barat, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara dan Palangkaraya disiagakan 1 pleton yang terdiri dari 30 prajurit TNI.

Di Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Kehutanan, TNI, POLRI dan SARNAS juga melakukan upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan cara:

  • Meningkatkan kegiatan deteksi dini dan menyebarluaskan informasi hasil deteksi dini berupa hotspot (titik panas) ke Kabupaten agar dapat diambil tindakan yang cepat dalam upaya pengendalian, yakni berupa pemadaman dini.
  • Menghimbau kepada para pemegang HPH/HPHTI, agar meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi musim kemarau, berupa mengintensifkan pengawasan/patroli dalam wilayah kerja, penyuluhan serta mensiagakan sarana dan prasarana agar siap dapat dimobilisasi apabila terjadi kebakaran.
  • Melakukan penyuluhan dengan memberikan himbauan berupa pemasangan spanduk di Kecamatan Rasau Jaya, Ambawang dan Sei Raya serta mengintensifkan pengawasan/potroli.
  • Kasi Ops REM 121 ABW, menyiagakan personil sebanyak 1 SSK untuk membantu Operasi Lapangan dalam rangka pemadaman api.
  • Kasi Reskrim Polda Kalimantan Barat menyiagakan 1 unit Helikopter untuk melakukan pemantauan lokasi Kebakaran dan Hotspot / titik panas.
  • Kantor SARNAS Pontianak menyiagakan Tim Rescue SAR sebanyak 42 orang yang tersebar di Pos Sintete Kab. Sambas, di Pos Kab. Ketapang, serta Shelter SAR Pontianak (30 orang).


Sementara itu, Dinas Kehutanan Provinsi Riau juga menyiagakan 60 personil untuk melakukan pemadaman api. Sumber : BNPB.



Tidak ada komentar:

 
© Copyright by Siaga Bencana  |  Template by Blogspot tutorial