#

INFO BENCANA TERKINI

Info Gunungapi Bromo Meletus, Kab. Probolinggo-Prop. Jatim , 26-Desember-10 17:30:00 WIB, Warga lereng Bromo dari 12 Desa sekitar yang bermukim di sekitar Gunung Bromo terpapar debu vulkanik pekat, 106 rumah roboh, 2 sekolah roboh, Pertanian rusak, suplai air bersih terhambatAnda Peduli Bencana, Salurkan Bantuan dan Dana kirim ke Rek.BCA - 0813004392 Mari Peduli dan Dukung Kami - Terima kasih

Gunungapi Merapi Meletus


View Letusan Merapi in a larger map

Tahap Penanggulangan Bencana

;

31 Agustus 2009

Lava Bakar Hutan Pinus di Gunung Slamet

Kawasan hutan pinus di kaki Gunung Slamet tepatnya di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, terbakar. Api yang menghanguskan kawasan hutan itu berasal dari lava pijar yang meluncur dari bibir kawah Gunung Slamet.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Senin (31/8/2009), sejak dua hari terakhir, gunung nomor dua tertinggi di Pulau Jawa itu terus menggeliat. Selain mengeluarkan lava pijar, gunung tersebut juga sesekali mengeluarkan suara dentuman kuat hingga menggetarkan rumah-rumah penduduk.

Kepala Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal Bambang Puji Waluyo mengatakan, kebakaran hutan terjadi pagi hari sekira pukul 05.10 WIB. Kebakaran dipicu letusan lava pijar yang berasal dari bibir kawah Gunung Slamet.

"Letusan lava pijar itu mengarah langsung ke lereng arah Guci. Lava pijar itu kemungkinan mengenai semak-semak dan membakar pohon di sekelilingnya," kata Bambang.

Menurut Bambang, titik kebakaran diketahui berada di sekitar pos 4 jalur pendakian atau pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan air laut (dpl). Kawasan hutan pinus itu berada jauh dari permukiman penduduk maupun kawasan objek wisata Guci. "Kawasan hutan yang terbakar itu masih di areal milik Perhutani dan belum masuk ke kawasan hutan lindung," ujarnya.

Dia menjelaskan, kebakaran tersebut mengakibatkan puluhan pohon pinus berusia di atas 20 tahun hangus. Hingga kini, kepulan asap dari kawasan hutan yang terbakar masih terlihat jelas. "Untungnya, kebakaran tidak terlalu parah dan api bisa padam sendiri," pungkasnya. Sumber : Okezone

Tidak ada komentar:

 
© Copyright by Siaga Bencana  |  Template by Blogspot tutorial