#

INFO BENCANA TERKINI

Info Gunungapi Bromo Meletus, Kab. Probolinggo-Prop. Jatim , 26-Desember-10 17:30:00 WIB, Warga lereng Bromo dari 12 Desa sekitar yang bermukim di sekitar Gunung Bromo terpapar debu vulkanik pekat, 106 rumah roboh, 2 sekolah roboh, Pertanian rusak, suplai air bersih terhambatAnda Peduli Bencana, Salurkan Bantuan dan Dana kirim ke Rek.BCA - 0813004392 Mari Peduli dan Dukung Kami - Terima kasih

Gunungapi Merapi Meletus


View Letusan Merapi in a larger map

Tahap Penanggulangan Bencana

;

01 September 2009

Kekeringan : Tulungagung dan Ngawi Krisis Air Bersih,

Seiring datangnya musim kemarau ratusan warga Tulungagung, Jawa Timur mulai mengalami krisis air bersih. Untuk mendapatkan air bersih, warga setiap hari harus rela berjalan berkilo-kilometer untuk mendatangi sebuah sumur yang masih mengeluarkan sumber air.

Di sumur di Dusun Tebon, Desa Sumber Agung, Kecamatan Rejo Tangan, Tulungagung inilah seluruh warga harus mengambil air. Mereka harus antri demi mendapatkan satu atau dua ember air bersih. Sumur ini menjadi satu-satunya sumur yang masih mengeluarkan sumber airnya saat musim kemarau datang seperti saat ini. Sementara puluhan sumur milik warga yang lain telah kering.

Meski harus menempuh perjalanan sekitar 1 hingga 3 kilometer dengan medan yang naik turun bukit terpaksa dilakukan warga untuk mendapatkan air bersih di sumur ini. Tidak hanya untuk keperluan masak dan minum saja, warga juga memfungsikan air untuk keperluan mencuci dan mandi. Setiap harinya warga harus rela mengantri dua atau tiga jam untuk menunggu gilirannya mendapatkan air bersih.

Warga setiap hari harus pulang pergi ke sumur ini hingga lima kali untuk kebutuhan air bersih di rumah mereka. Menurut warga, tiap datang musim kemarau seperti saat ini, sedikitnya 175 kepala keluarga di dusun Tebon, Desa Sumber Agung menjadikan sumur ini satu-satunya tempat untuk mendapatkan air bersih. Padahal jalan menuju hingga ke sumur harus ditempuh naik turun bukit dengan membawa pikulan.


Kesulitan air bersih yang dialami oleh warga sudah terjadi bertahun-tahun setiap kemarau tiba. Namun hingga kini tidak pernah ada perhatian sedikitpun dari pemerintah setempat.

Sejumlah warga di Kecamatan Bringin, Padas, Pitu, Kecamatan Karanganyar, Ngawi, Jawa Timur, mengalami kesulitan air bersih. Bahkan, untuk bisa mendapatkan seember air, warga harus menyusuri jalan setapak yang berbatu untuk menuju sungai. Padahal air sungai itupun sangat kotor. Air sungai itu diambil untuk kebutuhan memasak dan minum.

Berdasarkan pemantauan, Minggu (30/8), kondisi ini telah terjadi hampir dua pekan ini karena musim kemarau berkepanjangan. Sebenarnya sudah ada bantuan sumur dari Pemerintah Kabupaten Ngawi, namun lokasinya juga jauh dari pemukiman warga. Warga berharap ada bantuan pipanisasi dari pemerintah setempat untuk mengalirkan air dari sumur bantuan ke permukiman warga. Sumber : SCTV

Tidak ada komentar:

 
© Copyright by Siaga Bencana  |  Template by Blogspot tutorial