#

INFO BENCANA TERKINI

Info Gunungapi Bromo Meletus, Kab. Probolinggo-Prop. Jatim , 26-Desember-10 17:30:00 WIB, Warga lereng Bromo dari 12 Desa sekitar yang bermukim di sekitar Gunung Bromo terpapar debu vulkanik pekat, 106 rumah roboh, 2 sekolah roboh, Pertanian rusak, suplai air bersih terhambatAnda Peduli Bencana, Salurkan Bantuan dan Dana kirim ke Rek.BCA - 0813004392 Mari Peduli dan Dukung Kami - Terima kasih

Gunungapi Merapi Meletus


View Letusan Merapi in a larger map

Tahap Penanggulangan Bencana

;

30 September 2009

Perkembangan Gempa Pariaman 7,6 SR

Sedikitnya 21 orang tewas akibat gempa berkekuatan 7,6 skala Richter yang menguncang sejumlah kawasan di Sumatra, tadi sore, Rabu (30/9). Guncangan akibat gempa dapat dirasakan di Medan, Padang, Jambi, Bengkulu, Aceh bahkan hingga Singapura.

Episentrum atau pusat gempa terletak di koordinat 0,84 lintang selatan, 99,65 bujur timur, 57 kilometer baratdaya Pariaman, Sumatra Barat. Gempa terjadi pada pukul 17.16 WIB. Getaran akibat gempa dapat dirasakan hingga Sumatra Utara bahkan hingga Pekanbaru, Riau.

Badan Meteorologi dan Geofisika meminta warga mewaspadai gempa susulan. Hingga malam ini, setidaknya telah terjadi sekali gempa susulan pada pukul 17.38 WIB dengan kekuatan 6,2 SR.

Kerusakan terparah dilaporkan terjadi di Kota Padang dan Pariaman yang terletak paling dekat dengan pusat gempa. Menurut data dari Departemen Kesehatan, setidaknya 14 orang tewas akibat bencana ini. Bahkan, data terakhir menyebutkan korban tewas sudah mencapai 21 orang.

Di Kota Padang, puluhan rumah dilaporkan ambruk. Beberapa di antaranya juga terbakar, termasuk Pasar Raya, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Padang. Aliran listrik untuk sementara diputus. Jaringan telekomunikasi juga mengalami gangguan.

Sebuah jembatan dilaporkan roboh. Gempa juga mengakibatkan kampus Universitas Andalas rusak parah. Bandar Udara Internasional Minangkabau, ditutup hingga waktu yang belum ditentukan karena mengalami kerusakan. Sejumlah penerbangan pun terpaksa dialihkan, sehingga ratusan calon penumpang telantar. Mereka masih menunggu tanpa ada kejelasan kapan akan diberangkatkan. Sumber : Metro TV

Tidak ada komentar:

 
© Copyright by Siaga Bencana  |  Template by Blogspot tutorial