#

INFO BENCANA TERKINI

Info Gunungapi Bromo Meletus, Kab. Probolinggo-Prop. Jatim , 26-Desember-10 17:30:00 WIB, Warga lereng Bromo dari 12 Desa sekitar yang bermukim di sekitar Gunung Bromo terpapar debu vulkanik pekat, 106 rumah roboh, 2 sekolah roboh, Pertanian rusak, suplai air bersih terhambatAnda Peduli Bencana, Salurkan Bantuan dan Dana kirim ke Rek.BCA - 0813004392 Mari Peduli dan Dukung Kami - Terima kasih

Gunungapi Merapi Meletus


View Letusan Merapi in a larger map

Tahap Penanggulangan Bencana

;

30 September 2009

Gempa Pariaman 7,6 SR













GEMPA DIRASAKAN


Tanggal30/09/2009-17:16:09 WIB
Kekuatan7.6 SR
Kedalaman71 Km
Lokasi0.84 LS 99.65 BT
Keterangan :
Pusat gempa berada diLaut 57 Km Barat Daya Pariaman-Sumbar
Dirasakan (MMI) :
II Jakarta, II-III Pekan Baru, III-IV Bukit Tinggi, III-IV Bengkulu, III-IV Tapanuli Selatan, III-IV Muko-Muko, IV Sibolga, IV Gunung Sitoli, VI-VII Padang,

Sumber : BMKG

Gempa tersebut dikabarkan menimbulkan dampak korban, kerusakan dan kerugian di Pariaman, Solok dan Padang. Berapa korban dan kerusakan masih belum didapatkan data pasti dari lokasi bencana.

Peringatan dini Siaga Tsunami sempat dikeluarkan oleh USGS, NOAA dan Jepang namun 1 jam kemudian telah di cabut.

Perkembangan Gempa Pariaman 7,6 SR
Hingga kini masih belum diketahui jumlah korban akibat gempa tersebut. Yang pasti, jaringan komunikasi terputus untuk sementara. Gempa terasa hingga berbagai kawasan di Sumatra Barat dan Pekanbaru, Riau.

Guncangan gempa juga dirasakan hingga Padang Sidempuan, Sumatra Utara. Hal ini dibenarkan Hasibuan, warga Padang Sidempuan. Menurut dia, saat gempa, atap-atap rumah terlihat goyang. Warga panik dan keluar ke rumah. Kini, sebagian warga sudah ada yang sudah masuk ke rumah. Sebagian lainnya terlihat masih di jalanan karena khawatir terjadi gempa susulan. Menurut Hasibuan, sejauh ini lokasi di sekitar rumahnya di Padang Sidempuan, belum terlihat adanya kerusakan parah.

Sementara berdasarkan laporan Kantor Berita Antara, warga Kota Jambi dan sekitarnya juga dikejutkan oleh goncangan gempa. Guncangan yang menggetarkan lampu-lampu gantung tersebut membuat sejumlah warga berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Kepala Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika Provinsi Jambi Remus L. Tobing membenarkan telah terjadi gempa dengan guncangan yang cukup kuat. Namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Belum diperoleh informasi adanya kerusakan atau korban akibat goncangan gempa yang juga dirasakan di sejumlah kabupaten di Jambi, Bengkulu dan Aceh.

Tidak ada komentar:

 
© Copyright by Siaga Bencana  |  Template by Blogspot tutorial